Minggu, 24 Februari 2013

MANFAAT PLATELET RICH PLASMA (PRP) UNTUK KECANTIKAN

Apa itu Platelet Rich Plasma ?


Platelet-rich plasma (PRP) merupakan plasma darah yang kaya akan platelet, mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor ) dan sitokin yang dapat menstimulasi proses penyembuhan tulang, soft tissue dan ditenggarai sebagai anti aging.

Sebagai terapi anti aging, terapi ini relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri (autologus donor) dengan metode sedemikian rupa  sehingga didapatkan komponen plasma kaya akan platelet.

Faktor Pertumbuhan (Growth Factor)

Komponen plasma yang mengandung Growth Factor dapat meningkatkan pertumbuhan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka serta meningkatkan elastisitas jaringan kolagen yang memiliki andil besar dalam proses regenerasi sel . Sekresi Growth Factor makin menurun seiring dengan pertambahan usia. Di Tenggarai platelet dapat memperbaiki serta mengurangi cekungan di nasolabial ( garis senyum).

Indikasi

Beberpa Indikasi penyuntikan PRP yaitu untuk mengurangi dan memperbaiki:
1. Kerutan di sekitar mata
2. Kerutan di area frontal (dahi)
3. Cekungan garis senyum/ nasolabial yang sulit dilakukan oleh terapi konvensional lain
4. Kerutan di sekitar bibir
5. Kerutan di daerah leher
6. Scar bekas jerawat
7. Lingkaran hitam sekitar mata & sagging/ sembab di mata



Perbandingan injeksi PRP dan Terapi sebelumnya:

Injeksi Hyaluronic Acid sering digunakan untuk mengobati wrinkle/ kerutan. Mekanisme kerja injeksa PRP dan hyaluronic acid berbeda. Kulit yang cantik, halus dan lembut di tunjang olah serat kolagen elastin. Seiring pertambahan usia, sertat kolagen elastin tersebut akan menurun sehingga kuit akan terlihat kendur, timbul keriput.

Gambar berikut menunjukkan perbandingan efek injeksi oleh PRP dan hyaluronic acid terhadap cekungan/ tingkat kedalaman suatu wrinkle/ keriput:




Tidak seperti injeksi menggunakan hyaluronic acid dan bahan lain utk memperbaiki kerut/ wrinkle, pada injeksi yang menggunakan Platelet (PRP) perbaikan terhadap kerut / wrinkle lebih natural da bertahap. Kurun waktu tertentu injeksi hyaluronic acid akan berkurang (lihat gambar) sementara injeksi PRP akan tetap bertahan lama.

Contoh Kasus



 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dong...

SELAMAT DATANG